Thursday, May 3, 2012

tapak suci siapkan atlet jelang porprov

Tapak Suci Siapkan Atlet Jelang Porprov

PADANG PANJANG (jurnalberita.com) – Mempersiapan lebih dini menjelang pekan olahraga provinsi (Porprov) IV tahun 2012, dilakukan Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah Sumatera Barat dengan menggagas beragam kegiatan.
Selama ini, perguruan seni beladiri beraliran pencak silat, yang dikenal sebagai bagian dari organisasi Muhammadiyah itu, banyak melahirkan pesilat tangguh. Rahan prestasi juga tak terhitung. Tak hanya di tingkat lokal, bahkan di ajang setingkat PON, Sea Games dan kejuaraan bertaraf internasional, pesilat tapak suci telah menunjukkan greget dan prestasinya.
Di ranah Minang, pada setiap kejuaraan, baik kejuaran daerah maupun Porprov, Tapak Suci terus saja menjadi salah satu perguruan pencetak pesilat terbaik. “Hal itu merupakan komitmen kita di perguruan. Dan memang demikian, program yang saat ini sedang kita garap bersama pimpinan Tapak Suci di daerah-daerah,” ungkap Syafrul Malik, Ketua Dewan Pendekar Tapak Suci Sumbar, Minggu (5/2/12).
Pria setengah baya penyandang gelar Pendekar Kepala itu menjelaskan, saat ini di bawah koordinasi pimpinan wilayah Tapak Suci Sumbar, seluruh pimpinan Tapak Suci kota dan kabupaten terus digenjot untuk mencetak pesilat muda.
“Saat ini, sejak awal Januari lalu, kita selenggarakan pemusatan latihan kader Tapak Suci se Sumbar, yang kita bagi menjadi dua wilayah. wilayah 1 dipusatkan di Kota Padang Panjang, dengan wilayah kerja Padang Panjang, Bukittinggi, Payakumbuh, Lima Puluh Kota dan Solok. Sementara wilayah 2 dipusatkan di Pariaman, dengan wilayah garapan Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Padang dan Kabupaten Pesisir Selatan,” jelasnya.
Lebih jauh Syafrul mengatakan, selain program latihan kader yang diikuti seluruh tingkatan pelatih itu, pekan depan, tepatnya 11 dan 12 Februari, akan digelar job training Tapak Suci Sumbar yang akan diikuti seluruh tingkatan kader/pelatih dan berlokasi di kota Padang Panjang.
Dipilihnya kota berjuluk Serambi Mekah itu dikarenakan dekat dari seluruh penjuru kota/kabupaten yang ada dan cocok untuk latihan sejenis beladiri.
“Melalui job training, semua kader Tapak Suci akan dibekali dengan beragam teknik pencak silat, termasuk sosialisasi keilmuan yang baru saja digelar di tingkat pusat beberapa pekan lalu di Jakarta. Tentunya, seluruh rangkaian kegiatan ini mengarah kepada peningkatan sumber daya yang sehari-hari melatih pesilat kita,” terangnya.
Sementara itu, Irwan, salah satu pelatih Tapak Suci di Padang Panjang yang menyandang gelar Kader Madya menyatakan persetujuannya dengan program pimpinan wilayah tersebut.
“Kita di Padang Panjang sangat bersyukur dengan adanya program Pimwil. Ini menunjukkan keseriusan perguruan dalam meningkatkan kemampuan keilmuan setiap kader. Kedepan, kita juga dapat informasi dari Dewan Pendekar, menghadapi Porprov tahun ini akan dilakukan pemusatan latihan prestasi,” ujarnya.
Hal itu dibenarkan Syafrul. Pihaknya saat ini tengah merencanakan pemusatan latihan prestasi pesilat. Hal itu menurutnya diarahkan pada persiapan menghadapi Porprov XIV mendatang

No comments:

Post a Comment