Wednesday, May 9, 2012

tugas kkpi

KKPI MODUL 1 , 2 , 3


MODUL 1
Mengolah Data Aplikasi
Image sacanner merupakan salah satu peralatan yyang digunakan untuk melakukan entri data grafis ke dalam system computer  yang melakukan pemindaian suatu obyek gambar atau dokumen dan mengkonversinya ke dalam bentuk digital.
Satu unit peralatan image scanner:
1.Scanner
Scanner adalah salah satu elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin foto copy.Perbedaannya adalah kalau mesin foto copy hasilnya langsung dapat dilihat pada kertas,sedangkan scanner  hasilnya dapat ditampilkan terlebih dahulu pada layar monitor computer,kemudian baru diedit yang kemudian dapat disimpan dalam file text,dokumen,atau gambar.
2.Kabel Data
Digunakan untuk menghubungkan antara scanner dengan computer.
Jenis    kabel data yang digunakan:
a.    USB (Universal Serial Bus)
b.    Pararel
3.Power Suplai
Menghubungkan scanner dengan sumber listrik
A.Prosedur Pengoperasian Image Scanner
1.Cara kerja scanner
Ketika kita mengklik mouse untuk memulai proses scaning,maka yang terjadi adalah:
a.    Penekanan tombol mouse dari computer menggerakan pengendali kecepatan pada mesin scanner yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriminan ke unit.
b.    Kemudian unit scaning menempatakan proses pengiriminian ke jalur yang sesuai untuk langsung melakukan proses scaning.
c.    Kegiatan scaning dapat dilihat dari nyala lampu  yang terlihat pada scanner.Setelah nyala lampu sudah tidak ada atau mati,berarti proses scaning sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
d.    Apabila hasil atau tampilan teks atau gambar ingin kita ubah(edit),kita dapat menggunakan software-software aplikasi seperti photoshop,adobe,dan lain-lain.
2. Pengoperasian mesin scanner
Hal-hal yang arus diperhatikan sebelum menjalankan mesin scanner:
a.    Cek terlebih dahulu kabel scanner yang sudah disediakan ,terhubung antara mesin scanner dengan computer,pada computer melalui port USB
b.    Pastikan software driver untuk scanner sudah terinstall.
Langkah-langkah mengaktifkan software driver ke device manager:
a.    Klik start>control panel>klik ikon “Caere Scan Manager”
b.    Halaman Caere Scan Manager 5.1 akan berisi ikon add scanner.Ikon tersebut kemudian di klik
c.    Akan muncul halaman pilihan jenis-jenis pabrik dan tipe scanner
d.    Arahkan pointer ke jenis scanner yang sesuai ,kenmudian klik Next untuk melanjutkan operasi
e.    Lakukan kembali klik Next berikut ini,kemudian klik Finish untuk mengakhiri proses
3. Cara-cara menggunakan scanner:
a. Prescan  Image dan sesuaikan
lakukan pemotongan (cropping) yang di butuhkan pada mode Prescan (juga disebut priview).Tahap ini digunakan untuk menyesuaikan kecerahan (brightess) kontras dan warna.
b.Pilih resolusi terbaik
c.Pilih kedalamn warna dengan hati-hati
d.Jaga kebersihan
4.Cara-cara untuk menampilkan obyek dilayar aplikasi pengolah image:
 a. membuka image yang tersimpan dalam harddisk
-Klik start –All Program-Adobe Photoshop CS
-Kemudian klik file Open
-Atau tekan Ctrl+O
Menu-menu pada Adobe Photoshop:
-    New
-    Open
-    Browse
-    Close
-    Save
-    Save as
-    Import
-    Eksport
-    Exit
Langkah-langkah pemindaian melalui program Adobe Photoshop:
-    Pastikan bahwa scanner telah di nyalakan dan terinstall  driver dengan benar,lalu letakkan gambar yang akan di pindai dan di edit dalam scanner(menghadap kaca disebelah pojok kiri atas)
-    Buka program Adobe Photoshop
-    Selanjutnya pada menu klik [File] [Import] pilih Cano Scan “xxxx”

 

MODUL 2
Melakukan Entry Data Denagn OCR
A.    Mensseting Scanner dengan mode OCR
OCR (Optical Character Recognition) adalah teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan  menjadi dokumen teks yang dapat diedit dengan aplikasi pengolah kata.
Langkah –langkah mensetting scanner dengan program OCCR:
1 Klik start >program >scansoft omnipage pro 11 .0>omi page pro 11.0
2 Tempatkan dokumen yang akan di scan dengan posisi dokumen menghadap ke lensa dan  diposisikan sudut kanan atas permukaan mesin scanner,pastikan scanner dalam kondisi ON
3 Klik process->proses settin
4 Hilangkan tanda cek(v):Automatically Proofreed in OCR
5 Klik OK

B .Melakukan Entry Data dengan Menggunakan Optical  Character Recognition
   OCR (Optical Character Recognition).Teknologi untuk mengubah image suatu dokumen hasil scan menjadi bentuk teks,yang dapat diedit dengan aplikasi pengolah kata.
  Ketika file laporan yang ada di disket rusak,sehingga tidak dapat diakses.Kita lupa menyimpannya di harddisk dan tidak punya backup data.
  Untungnya kita sudah punya oprint oput-nya dan ingin mengedit kembali karena  laporan yang kita buat isinya belum lengkap dan ada beberapa hasil ketikan yang salah.Kita juga ingin laporan tersebut dalam bentuk disket,sehingga praktis membawanya   dan mudah mempresentasikannya dengan klien.

Cara menampilkan program OCR
1.    Dengan program simple OCR
Klik start-> program -> simple OCR
SELAIN MENGGUNAKAN SOFTWARE ocr BAGI PENGGUNA Office 2002 (XP) ke atas dapat menggunakan aplikasi Microsoft Office Document Scanning.Untuk memulai menggunakannya pada OS Windows XP adalah klik Start ->All Programs-> Microsoft Office Tools->lalu pilih Microsoft Office Document Scanning.
2.    Dengan program omnipage
-    Hidupkan scanner
-    Klik Start>Programs>ScanSoft Omnipage Pro 11.0>Omnipage Pro 11.0
-    Tempelkan dokumen yang akan di-scan dengan posisi dokumen menghadap ke lensa dan diposisikan sudut kanan atas permukaan mesin scanner ,pastikan bahwa mesin scanner dalam kondisi ‘on’
-    Klik Start


Modul 3
Mengoperasikan PC dalam jaringan
A.    Menginstal Software Jaringan
Jaringan computer adalah kumpulan beberapa komputer,printer dan atau peralatan lainnyayang terhubung dalam satu kesatuan. Setiap komputer, printer atau peripheral yang terhubung dengan jaringan disebut node.
1.    Jenis-jenis jaringan komputer
a.    LAN(Local Area Network)
Adalah sebuah jaringan kerja yang terdiri dari sejumlah komputer dan piranti peripheral yang saling tersambung untuk bertukar data, informasi dan penggunaan peralatan yang dibangun pada sebuah lokasi seperti dirumah ataupun edung perkantoran yang mempunyai skala geografis terbatas. LAN menggunakan koneksi High peed antara 10 hingga100 mbps.
b.    MAN (Metropolitan Area Network)
Adalah network dalam skala suatu kota.MAN merupakan gabungan dari beberapa LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi atau umum.
c.    WAN(Wide Area Network)
Jaringan komputer yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah Negara bahkan benua. WAN membutuhkan router dan saluran komunikasi public untuk menghubungkan jaringan local yang satu denga jaringan local yang lain.
d.    Internet
Bersala dari kata Interconnection Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang membentuk system jaringan yang mencakup seluruh dunia(jaringan komputer global). Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini digunakan protocol, yaitu TCP/IP(Tranmission Contol Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hbungan bekerja dengan benar, sedangkan IP(Internet Protocol) yang mentranmisikan data dari satu komputer ke komputer lain.

No comments:

Post a Comment